Pelajaran dari Pacar Pertama (Bagian 1)

Gue selalu suka melakukan ha-hal baru. Seperti menjadi anggota boyband, atau mengikuti kursus bahasa hewan. Aneka kegiatan seperti itu dapat memberikan pengalaman unik tersendiri buat gue pribadi. Dan juga dapat dijadikan cerita yang lucu buat anak cucu gue nanti. Dengan harapan, semoga mereka bisa nerima orang tua seperti gue.
            Ngomongin soal pengalaman, gue jadi ingat berbagai pengalaman pertama gue dalam melakukan sesuatu. Gue ingat saat pertama kali gue ikut kompetisi futsal. Waktu itu kelas 6 SD, gue beserta temen-temen sekelas mengikuti ajang class meet yang digelar pihak sekolah. Kelas gue juara satu. Lawan yang gue hancur leburkan waktu itu adalah kelas 1 B. Yap, anak kelas 6 SD melawan anak kelas 1 SD. Gue ingat banget, gue jadi pemain cadangan.
Gue ingat saat pertama kali gue buang air besar di celana pada saat kelas 2 SD. Gue ingat saat pertama dan terakhir kalinya gue disunat. Gue juga ingat, saat pertama kali gue berpacaran. Cewek yang kurang beruntung itu bernama Fira.

***

            Kejadiannya berlangsung pada waktu gue kelas 2 SMP. Fira tergolong anak yang cakep dan enak dilihat. Rambutnya keriting-keriting manis kaya bintang telenovela. Fira juga anaknya tergolong rajin, pinter, baek, tegas dan TINGGI. Kata tinggi di sini harus sedikit ditekankan. Karena tinggi Fira dapat dikategorikan di atas rata-rata cewek sebayanya. Fira menjadi cewe paling tinggi di antara teman-temannya. Gak kok, Fira enggak temenan sama anak TK. Karena tingginya itulah makanya Fira ikutan ekskul basket di sekolahnya. Mungkin kalo tim ekskulnya sedang latihan namun gak ada tiang basket, Fira bisa disuruh berdiri di pinggir lapangan sambil megang keranjang sampah. Jadilah sebuah tiang basket yang cantik yang pengen gue pacarin huahehaheuahe.
            Awal perjumpaan gue sama Fira berawal dari gue kelas 1 SMP. Gue waktu itu beda kelas sama dia. Gue di 7-2 sedangkan Fira di 7-1. Awalnya gue dan dia hanya sebatas lirik-lirikan doang. Awalnya juga gue gak pernah ada rasa apa-apa sama dia. Gue malah minder kalo ketemu dia. Disamping dia lebih tinggi dari gue, dia juga cantiiiiikkkkk bangeeeettttt. Beberapa temennya malah ada juga yang bilang  kalo dia termasuk anak paling pinter di kelasnya. Sedangkan gue ? gue cuman makhluk cemen di kelas. Kerjaan gue di kelas cuman sebatas nyanyi-nyanyi sambil gebuk-gebuk meja. Atau paling keren, gue sering main bola pake tutup botol. Enggak terkesan mewah sama sekali. Tapi mungkin gara-gara kecemenan gue itu, katanya Fira bisa suka sama gue.
Katanya.
            Temen les bimbel gue, si Cupang (nama aslinya Roby, tapi gara-gara bentuk bibirnya mirip ikan cupang kalo lagi mau diaduin, jadilah dia dipanggil cupang), cerita banyak ke gue tentang Fira. Dia juga yang memberi tahu gue kalo katanya si Fira ada rasa sama gue. Gue yang waktu itu lagi pusing ngerjain soal matematika, gak terlalu menghiraukan perkataan si Cupang
            “Beneran Yam, si Fira katanya suka sama lo !” ucap si Cupang menggebu-gebu.
            “Bohong aja lo. Gue sama Fira kan ibarat ikan paus sama plankton. Jauh banget bedanya.”
           “Serius nih gueee. Lo bakalan nyesel deh kalo gak dengerin omongan gue. LO BAKALAN NYESEL !” si Cupang tetap bicara sambil memonyong-monyongkan bibirnya yang memang sudah monyong.
            “Lagian kan gue lagi suka sama si Nadya, anak kelas 7-8.” Jawab gue pendek.
            “AYAM, LO BAKALAN NYESEL !”
            “Berisik lo ah Cupang.”
            Mungkin kalau ada orang yang gak tahu kalau nama panggilan gue adalah Ayam, dan nama panggilan temen gue adalah Cupang, dia akan mengira ada seekor ayam salah gaul yang sedang diadu dengan seekor ikan cupang belom cukup umur.
            Memang, waktu itu gue lagi suka sama seseorang lain di kelas 7-8 . Jadi waktu itu gue cuek aja denger kabar kalo si Fira suka sama gue.
            Saat itu gue merasa telinga gue tuli. Hati gue juga ikutan tuli.

***

            Setahun telah berlalu. Gue naik ke kelas 8. Gue gak bego-bego banget kok. Ya minimal gue bisa ngebedain paha ayam sama dada ayam. Sebenernya sih gak ada yang istimewa soal gue yang naik kelas. Tiap tahun juga (Alhamdulillah) gue selalu naik kelas. Yang istimewa saat itu adalah GUE NAIK KELAS DAN GUE SEKELAS SAMA FIRAAA. Gue seneng. Soalnya bisa ngeliatin Fira dari deket. Bisa ngecengin dia sepanjang hari.
Gue gembira.
Gue bersuka cita.
Gue berbiji dua.
Singkat cerita, gue selama satu semester pertama menghabiskan waktu buat kenal Fira lebih intim. Gue menghabiskan malam-malam gue dengan SMSan (waktu itu belom jamannya BBMan) sama Fira. Gue menghabiskan waktu istirahat di sekolah gue dengan ngobrol sama Fira. Gue menghabiskan waktu belajar di sekolah dengan memperhatikan Fira secara mendetail dari ujung jempol kakinya yang lucu sampai ke ujung rambutnya yang bagus.  Gue menghabiskan waktu buat kenal sama temen-temen segengnya yang termasuk ke dalam anak gaul se-Cengkareng. Pokoknya hampir separuh hidup gue selama semester satu, gue habisin untuk Fira. Cinta memang terkadang suka membuat orang lupa waktu. Cinta membuat banyak orang kehilangan waktunya demi orang yang disukainya. Semakin jauh, tiba-tiba aja gue punya rasa berlebih sama Fira.
Gue suka sama Fira.
Masuk ke semester genap, gue makin deket sama Fira. Gue sama Fira sering surat-suratan pake kertas kecil waktu di kelas. Sederhana. Isinya paling cuma ledek-ledekan sampai gombal-gombalan.
“Eh Fira jelek, nanti malem kita SMSan ya!” pinta gue.
“Eh Ayam Kampung, jangan ngatain gue jelek. Nanti naksir lu hahaha. Okee, tapi lo SMS gue duluan ya!” balas Fira.
Di surat kecil itu gue mengambil kesempatan buat janjian SMSan pada malamnya.
Malamnya gue menepati janji buat SMSan sama dia.
Tanggal 31 Januari 2007.
Di tanggal itu, pada malam itu, di dalam sebuah pesan singkat SMS itu, gue memberanikan diri buat nembak Fira. Gue diterima. Semudah itu gue diterima. Sesederhana itu gue diterima. Gue seneng. Gue bertambah ganteng 38,97%. Gue resmi pacaran buat pertama kalinya dalam seumur hidup gue. Di saat itu mulai datang beragam pertanyaan di benak gue. Gue mesti ngapain ? Gue gak tau apa yang harus gue perbuat. Yang gue tau saat itu, orang pacaran itu biasanya pegangan tangan (entah mau nyebrang atau mau minjem tangan pasangannya buat ngupil), ke mana-mana selalu berdua, si cowo biasanya mengantar jemput si cewe (entah si cowo ini driver ojek atau driver angkot langganan), belum lagi kalo ada yang ulang tahun, sang pasangan wajib memberikan kado. Intinya si cowo hampir menghabiskan seluruh waktunya demi si cewe. Hal-hal seperti itu yang buat gue bingung. Gue yang saat itu punya serombongan kegiatan seperti les bimbel, les Inggris, ngaji, latian futsal sampai  ngemandiin ikan, tentu aja ngerasa gak kuat menjalani itu semua. Tapi gue harus cuek. Gue harus seperti bebek. Gue harus berani mengambil resiko apa pun dalam dunia perpacaran.

***

Keesokan harinya di kelas, gue ngerasa canggung kalo ketemu Fira. Gue cuma bisa bilang di dalem hati,”Woiiii, lo sekarang pacar gueeee!!!”. Tapi gue takut disangka norak. Gue jadi lebih sering salah tingkah. Gue jadi gak pede. Dan entah kenapa Fira saat ngeliat gue malah merasa biasa aja. Seolah-olah enggak pernah terjadi apa-apa antara gue sama dia. Gue bingung. Saat itu gue punya pemikiran macam-macam. Yang pertama, mungkin dia malu punya pacar secemen gue. Kedua, mungkin dia gak enak sama cewe-cewe lain di sekolahan yang ngejar-ngejar gue (bagian ini gue mempersilahkan lo yang baca untuk muntah). Ketiga, mungkin semalam itu hanya mimpi ?
Tapi mengapa terasa begitu nyata ?
            Sepulang sekolah, gue mencoba menanyakan ke dia kenapa tadi sikap dia biasa-biasa saja. Ternyata eh ternyata, dia malu sama teman-temannya kalo dia punya pacar. Kebetulan juga pada saat itu, Fira baru beberapa minggu putus sama mantannya. Kita membuat kesepakatan buat pacaran hanya di luar jam sekolah. Entah itu pulang sekolah atau di pesan SMS. Selepas itu, gue dan Fira selayaknya teman sekelas biasa.
Pokoknya jangan harap gue bisa mesra-mesraan sama dia di kelas seperti yang sering kita lihat di televisi selama ini. Yang bikin gue heran, di kelas justru Fira sering deket-deket sama cowo lain. Hal seperti ini yang bikin gue dan Fira sering berantem. Gue waktu itu orangnya cemburuan berat. Mungkin itu resiko punya pacar cantik tapi sendirinya punya tampang pas-pasan.
Tiap pulang sekolah, gue sama Fira sering berduaan di lorong sekolah sambil ngeliatin anak-anak paskib yang sedang latihan. Kalo Fira lagi latihan basket, gue setia nungguin dia selesai latihan dan sering memberikan dia minuman segar. Begitu juga pada saat gue latihan futsal. Dia sering ngasih perhatian kecil seperti ngasih handuk wangi khas aroma tubuh dia yang gue rusak dengan bau ketek gue. Begitu sampai di rumah, kita wajib mengabari satu sama lain. Sebelum tidur kita juga wajib mengabari jika hendak tidur. Kebetulan waktu itu gue dan dia punya lagu kesukaan. Yaitu lagu Kau dan Aku dari Nidji. Setiap dia bertanya gue lagi ngapain, gue selalu bilang, “Aku lagi dengerin lagu Kau dan Aku nih di walkman huehehe.”
Pagi sebelum berangkat sekolah, gue gak pernah lupa SMS dia, “Aku lagi dengerin lagu Kau dan Aku nih di walkman huehehe.”
Sore pas sampai rumah, gue juga SMS dia, “Aku lagi dengerin lagu Kau dan Aku nih di walkman huehehe.”
Malam sebelum tidur, gue selalu SMS dia, “Aku lagi dengerin lagu Kau dan Aku nih di walkman huehehe.”
Begitu seterusnya sampai pantat monyet tumbuh bulu.
Setiap gue dan dia melihat video clip Kau dan Aku diputar di televisi, gue dan dia selalu rutin mengabari.
“Hei, di Mtv ada video clip Kau dan Aku tuhh!” atau “Hei, di SCTV ada Nidji bawain lagu Kau dan Aku tuhh!”
Tiap ada lagu Kau dan Aku di radio, gue dan dia juga rutin buat saling mengabari.
“Hei, di MStri FM ada lagu Kau dan Aku tuhh!” atau bila kita seharian gak mendengar ada lagu Kau dan Aku di radio, kita suka berinisiatif buat SMS ke radio tersebut untuk request lagu Kau dan Aku. Dengan cara sesederhana itu, kita membangun kenangan.

***

            Demi melengkapi kegiatan perpacaran gue ini, gue memberanikan diri buat ngajak Fira jalan keluar. Entah mau nonton, belajar kelompok, jajan atau dijajanin. Anehnya (atau hanya gue saja yang merasa aneh), Fira gak pernah mau gue ajakin jalan keluar berdua. Dia selalu bersama genk-nya yang tidak pernah sepi itu. Berkali-kali gue rayu Fira biar mau jalan berdua tapi gak pernah berhasil. Hingga pada suatu Minggu siang, Fira akhirnya mengiyakan ajakan gue buat jalan berduaan. Gue janjian sama Fira ketemuan di depan toko buku Gramedia Daan Mogot Mall.
            Bakat ngaret gue ternyata sudah ada semenjak gue SMP. Gue datang telat sekitar 15-20 menit di tempat janjian. Begitu bertemu Fira di tempat yang depan Gramedia, gue cuman bisa cengar cengir sekeren mungkin. Sementara Fira sendiri bete. Terlihat dari gesture tubuhnya yang seolah mengatakan, “Gila lo. Telat malah cengar cengir. Bukannya bawain gue Pizza Hut.”
            “Hehe maaf ya aku telat.” Gue mencoba meminta maaf.
            “Aku sampe lumutan gini nih nungguin kamu.” Jawab Fira yang memang kebetulan pada saat itu menggunakan baju warna hijau. “Hmm… Kita ke Gramed dulu yuk. Siapa tau ada yang asyik.” Fira melanjutkan dengan memberikan ide kencan kita kali ini.
            “Ayo ayo.” Jawab gue menggebu-gebu.
            Begitu masuk ke dalam Gramed, gue dan dia berpencar mencari kesukaan masing-masing. Sedang asyiknya baca-baca komik terbaru, tiba-tiba gue sekilas melihat sesosok yang tidak asing bagi gue. Gue melihat salah satu teman se-genk Fira si Clara. Karena merasa kencan gue gak boleh terganggu, gue pura-pura gak melihat Clara. Saat gue berjalan menuju rak majalah, lagi-lagi gue melihat salah satu teman se-genk Fira. Kali ini si Dhanty. Begitu seterusnya di setiap sudut Gramedia gue bertemu dengan masing-masing teman se-genk Fira yang lain. Hingga akhirnya gue, Fira dan teman-teman se-genk Fira bertemu di suatu tempat di dalam Gramedia.
            “Eh Fira! Ciee, lagi pacaran yaa sama Vingga ?” Tika berusaha meledek-ledek Fira.
            “Ciee, pacaran diem-diem aja nihh.” Clara ikut menimpali.
            “Wah, kita kebetulan banget yaa ketemu di satu tempat begini.” Kata Ochi, salah satu dari teman se-genk Fira.
            “Iya nih kebetulan banget. Yaudah yuk kita jalan-jalan ramean.” Fira selayaknya komandan pasukan mulai memimpin teman-teman se-genknya pergi mengelilingi Daan Mogot Mall.
Sementara gue hanya bisa bengong melihat kejadian ini. Gue berasa dikerjain. Gue mendadak bete dan gak mood untuk melanjutkan kencan ‘rame-rame’ ini.
Sesampainya di rumah, Fira yang merasa kalo gue sedang bete karena insiden di Gramedia tadi, mencoba menjelaskan titik permasalahannya.
“Iya dehh aku ngaku. Aku emang sengaja udah janjian gitu sama temen-temen aku buat seolah-olah kita gak sengaja ketemu di dalam Gramed. Soalnya aku canggung kalo mesti jalan berduaan sama cowo. Gak apa apa kan ? Maaf yaa.”
Gue seperti belum bisa menerima permintaan maaf Fira sepenuhnya. Gue masih ngambek. Tapi masih untung gue gak disuruh mentraktir teman-temannya yang sekelurahan itu.
Bisa-bisa gue mesti jual diri.

***

Terlihat beberapa SMS masuk di layar biru Nokia 8250 gue. Pengirimnya dari Fira dan Operator Telkomsel. Fira masih berusaha memohon maaf. Sementara Operator Telkomsel masih berusaha membujuk gue buat pasang yang namanya NSP (Nada Sambung Pribadi). Akhirnya gue luluh juga. Gue memaafkan Fira dan gue memasang NSP sebuah lagu dari Ada Band.
            Keesokan harinya sepulang sekolah, gue menunggu Fira di depan pintu kelas. Fira menghampiri ketika gue lagi asyik ngeliatin anak-anak kelas lain yang sedang berjalan berbondong-bondong menuju gerbang sekolah. Kebetulan kelas gue ada di lantai 2.
            “Hey Ngga! Masih marah gak ?” Fira membuka percakapan.
            “Enggak kok.” Jawab gue singkat, tapi tetep ganteng.
            “Beneran ?” Fira gak yakin sama jawaban gue. Mungkin Fira berpikir gue yang setiap saat dan setiap waktu ini selalu cengengesan, gak cocok buat sok-sokan ngambek.
            “Kalo masih marah, buat apa aku nungguin kamu di sini ?” Gila. Gue gak nyangka bisa ngomong sepuitis ini. Tapi tetep aja setelah ngomong seperti itu, gue cengengesan lagi, “Hehehehe.”
            Akhirnya gue mencoba mengerti  perasaan Fira yang mungkin belom siap buat jalan berduaan sama gue. Bahkan kita sepakat buat jalan rame-rame sama temen se-genk Fira. Kita punya rencana nonton suatu film di bioskop.
Cukup menegangkan.
Cukup mencengangkan.
Cukup mendebarkan.
Kita nonton film Pocong 2. Salah satu film terhorror yang pernah gue tonton.
            Di dalam bioskop, gue duduk di pojokan. Sementara Fira duduk di sebelah kanan gue dan temen-temen se-genknya duduk berderetan di sebelah kanan Fira.
            “AAAARRGGHHH!!!” Fira berteriak ketakutan. Ada suatu adegan ketika sang Pocong duduk menunggu Revalina di sebuah tangga darurat. Mungkin sang Pocong capek abis lompat-lompat.
            “Kamu gak takut Ngga ?” Fira bertanya mengapa gue gak ikutan teriak ketakutan.
            “Enggak dong. Biasa aja.” Gue jawab sambil merem. Tapi Fira gak menyadari kalo sedari film mulai hingga adegan sang Pocong duduk di tangga, gue selalu merem. Alias gue gak menonton adegan per adegan dengan jelas.
            “Ihh itu kan serem banget. Masa kamu gak kaget atau takut gitu ?”
            Gue perlahan membuka mata karena gue gak mendengar tanda-tanda akan munculnya sang Pocong. Gue hanya melihat Revalina sedang tiduran di sebuah kasur sambil memeluk guling warna putih. “Ah biasa aja ah. Gak serem-serem amaaa….AAAATTTTT KYAAAAA ITU KENAPA GULINGNYA BERUBAH JADI POCONGGGGG ???!!!!” gue teriak histeris selayaknya cewe yang melihat barang diskonan 90%.
Mungkin Fira nyesel duduk di sebelah gue.
            Gue termasuk orang yang parnoan berat. Begitu sampai di rumah, gue cuman bisa meringkuk ketakutan di balik selimut tebal gue. Bayangan sang Pocong terus membayang-bayangi gue. Gue gak bisa tidur. Semakin gue berusaha memejamkan mata, bayangan sang Pocong justru terasa semakin jelas. Gue masih ketakutan.
            Tilut Tilut!
Ada sebuah SMS masuk. Awalnya gue ketakutan. Gue sempat berpikir kalo itu adalah SMS dari sang Pocong. Tapi setelah berpikir dengan otak jernih, gue tau. Gue tau kalo Pocong tangannya diiket. Jadi gak mungkin dia bisa ngetik SMS.
            “Hei Ngga! Udah tidur belom kamu ?” ternyata dari Fira.
            Gue langsung membalas, “Belom kok. Belom ngantuk aja.” Padahal gue lagi ketakutan setengah mati. “Kamu sendiri ? Kok belom tidur ? Lagi ngapain emang ?” lanjut gue.
            “Aku lagi ngeliatin bintang-bintang nih di langit. Coba deh kamu keluar terus lihat. Bintang lagi bagus-bagusnya. Romantis banget.”
            Boro-boro mau keluar kamar ngeliatin langit. Keluar dari selimut aja gue ogah. Gue lagi parno berat gara-gara film Pocong 2 tadi. Tapi Fira gak boleh tau kalo gue lagi ketakutan begini. Bisa jatuh reputasi gue nanti.
“Hehe iya nih. Bintangnya bagus yaa. Kapan-kapan kita liat bintang bareng yuk.” Message not sent.
Gue menunggu beberapa menit, tapi gak kunjung datang SMS balasan dari Fira.
            “Kamu suka lihat bintang gak ? Aku suka banget ngeliatin bintang kaya gini. Cahayanya bagus.” Fira mengirim SMS kembali.
            “Hehe iya aku suka. Bintang tuh kayak penghias langit yang hitam. Tanpa bintang, pasti langit akan gelap dan gak asyik banget.” Gue mencoba membalas, tapi lagi-lagi Message not sent.
            Sekitar 15 menit kemudian, “Ngga ? Kamu udah tidur ya ? Ih. Tadi katanya belom tidur. Padahal aku mau ngasih tau kalo bintang di luar tuh lagi bagus-bagusnya. Yaudah deh kalo kamu udah tidur. Nite.”
            Berkali-kali gue coba mengirim SMS gue ke Fira untuk membuktikan kalo gue belom tidur, tapi gak pernah berhasil. Di saat itu gue tersadar. PULSA GUE HABIS. Ini goblok banget sih. Tapi gue tetep gak bisa tidur sampai jam di dinding gue menunjukkan pukul 4 subuh. Gue masih kepikiran sang Pocong dan memikirkan kegoblokan gue.


Bersambung ke Pelajaran dari Pacar Pertama (Bagian 2).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berita Kehilangan

Galau Turunan

Avingga is Too Cool